#HitsPrambors

Saturday, 29 October 2011

Tips UN Fisika

Di bawah ini adalah SKL tahun 2010-2011 (sumber Depdikbud). Biasanya SKL tiap tahun hanya berbeda sedikit. Tulisan SKL disini saya persingkat, karena saya berusaha untuk menterjemahkan ke kata-kata yang lebih mudah untuk siswa.

Berikut ini adalah SKL Fisika

(1) Jangka sorong dan mikrometer sekrup

(2) Menjumlahkan besaran vektor

(3) Gerak lurus, gerak melingkar beraturan atau gerak parabola

(4) Hukum Newton

(5) Gaya gravitasi

(6) Titik berat


(7) Gerak rotasi

(8) Usaha dan perubahan energi

(9) Elastisitas benda

(10) Hukum kekekalan energi mekanik

(11) Impuls atau hukum kekekalan momentum

(12) Perpindahan kalor atau penerapan asas Black

(13) Asas Bernoulli dalam fluida

(14) Persamaan umum gas ideal

(15) Faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas

(16) Termodinamika (Carnot)

(17) Mikroskop/teropong

(18) Jenis gelombang elektromagnetik

(19) Gelombang berjalan

(20) Interferensi atau difraksi cahaya

(21) Intensitas atau taraf intensitas

(22) Efek Doppler

(23) Hukum Coulomb dan medan listrik

(24) Pengukuran kuat arus dan tegangan listrik

(25) Hukum Kirchoff dalam rangkaian tertutup (loop)

(26) Medan magnet induksi di sekitar kawat berarus

(27) Gaya magnet (gaya Lorentz)

(28) Induksi Faraday

(29) Resistor, induktor dan kapasitor

(30) Membedakan teori-teori atom

(31) Teori relativitas

(32) Teori atom Planck

(33) Reaksi inti atom

(34) Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan

A. SKL yang menurut saya wajib kalian kuasai.

(1) Jangka sorong dan mikrometer sekrup

(2) Menjumlahkan besaran vektor

Pada waktu kelas 1, kita diajarkan soal vektor dalam bentuk garis ataupun rumus yang sudah jadi. Tetapi pada soal UN sering ditemukan vektor dalam bentuk grafik kotak seperti ini (tidak diajari di kelas 1).
Ya berbentuk kotak-kotak, disini sebenarnya mudah, kalian tidak menggunakan rumus vektor, tetapi tinggal menggambar resultannya (ingat cara menggambar), lalu hitung hasilnya dengan phytagoras saja.

(3) Gaya gravitasi

Yang biasa ditanyakan perbandingan percepatan gravitasi, periode planet dan kecepatan satelit.

(4) Titik berat

Kesulitan yang ditemukan biasanya menentukan letak koordinat cartesius titik berat bidangnya (ingat bukan titik berat bendanya). Karena letak koordinat cartesius ≠ titik berat bendanya.

(5) Gerak rotasi

Yang sering ditanyakan adalah tegangan tali yang menggantung sebuah besi dan momen inersia.

(6) Usaha dan perubahan energi

Pada dasarnya hanya menghitung hukum kekekalan energi Ep1 + Ek1 = Ep2 + Ek2 dan juga menghitung energi potensial dan energi kinetik. Kadang-kadang soalnya dalam bentuk grafik F-s, dan untuk mencari usahanya dengan cara mencari luas daerah yang diarsir.

(7) Elastisitas benda

Pada dasarnya yang sering ditanyakan adalah gaya pegas F = k x dan energi pegas E = 0,5 k x² (biasanya soal disajikan dalam bentuk tabel atau diagram).

(8) Hukum kekekalan energi mekanik

Materi ini sama seperti materi nomor 6.

(9) Impuls atau hukum kekekalan momentum

Pada dasarnya ada dua variasi soal saja, yaitu:

1. Impuls.

Ciri soal diketahui satu benda.

2. Hukum kekekalan momentum.

Ciri soal diketahui 2 benda dan yang sering keluar adalah tumbukan tidak lenting sempurna yang rumusnya m1 v1 + m2 v2 = (m1 + m2)v’.

Jika tumbukan yang terjadi lenting sempurna, maka rumusnya ada 2 yaitu m1 v1 + m2 v2 = m1 v1′ + m2 v2′ dan rumus e = (v2′ – v1′) / (v1 – v2)

(10) Perpindahan kalor atau penerapan asas Black

Yang sering ditanyakan adalah konduktifitas demikian juga dengan asas black yang tipe soalnya benda panas dicampur dengan air dingin.

(11) Asas Bernoulli dalam fluida

Mencari kecepatan aliran air keluar dari tangki (v = √2gh) ataupun jarak air jatuh ataupun waktu. Selain itu variasi soal satu lagi adalah gaya angkat pesawat.

(12) Persamaan umum gas ideal

Yaitu rumus pV = nRT atau pV = NkT

Yang menjadi kesulitan adalah pada saat soal dalam bentuk kata-kata.

(13) Faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas

Rumusnya ada 2 yaitu E = 1,5 kT dan pV = (2Ek N) / (3V)

Biasanya ditanyakan cara kalian membaca rumus.

(14) Termodinamika (Carnot)

Rumus karnot yaitu n = 1 – T2/T1 merupakan tipe rumus diketahui, ditanya dan dijawab, jadi kalian seharusnya bisa.

Variasi soal satu lagi yaitu rumus usaha W = p ∆V ataupun membaca grafik (ingat bisa dengan cara mencari luas)

(15) Jenis gelombang elektromagnetik

Urutan gelombang di bawah ini saya tulis dari frekuensi terkecil atau energi terkecil atau panjang gelombang terbesar:
Gelombang radio dan TV.
Gelombang mikro (radar).
Infra merah.
Cahaya tampak.
me – ji (orange) – ku – hi – bi – ni –u
Sinar UV (ultra-violet).
Sinar X.
Sinar γ (gamma).

Kadang-kadang ditanyakan sifat gelombang elektromagnetik yaitu:
Merambat melalui ruang hampa.
Kecepatannya sama dengan kecepatan cahaya.
Dihasilkan oleh medan lsitrik dan medan magnet.
Tidak dibelokkan oleh medan magnet dan medan listrik (merambat lurus).
Dapat mengalami polarisasi.



(16) Interferensi atau difraksi cahaya

Variasi soalnya hanya dua yaitu interferensi dan difraksi dan tipe soal tipe diketahui, ditanya dan dijawab.

(17) Intensitas atau taraf intensitas

Mencari intensitas dan taraf intensitas dan biasanya variasi soalnya tidak banyak.

(18) Pengukuran kuat arus dan tegangan listrik

Membaca amperemeter dan voltmeter.

(19) Medan magnet induksi di sekitar kawat berarus

Menghitung medan magnet di sekitar kawat berarus listrik mudah, tetapi kesulitannya adalah pada saat menentukan arahnya dengan aturan tangan kanan (banyak siswa yang tidak bisa memahami arah).

(20) Gaya magnet (gaya Lorentz)

Sama seperti materi no. 19, rumus mudah, tetapi kesulitannya adalah menentukan arah gaya Lorentznya.

(21) Induksi Faraday

Sama seperti materi no. 19, rumus mudah, tetapi kesulitannya adalah menentukan arah gaya Lorentznya.

(22) Membedakan teori-teori atom

(23) Teori relativitas

Tingkat perhitungan soal disini tidak sulit dan variasi soal hanya berhubungan dengan panjang, massa, waktu dan energi relativistik. Konsepnya adalah sebagai berikut:
Panjang relativistik < panjang diamnya.
Waktu relativistik < waktu diamnya.
Massa relativistik > massa diamnya
Energi total > energi diamnya
Energi kinetik < energi diamnya



(24) Reaksi inti atom

Variasi soal hanya tiga tipe yaitu:

a. Mencari energi ikat inti.

Dengan cara = {(massa proton + massa neutron) – massa unsurnya sendiri} x 931 MeV

b. Mencari energi dari suatu reaksi:

{jumlah massa kiri – jumlah massa kanan} x 931 MeV

c. Menyetarakan persamaan reaksi inti.

Yaitu ada 7 partikel inti sebagai berikut:
Intinya adalah menyetarakan atas dan bawah.

(25) Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan

Dari SKL di atas, saya menuliskan ada 25 materi SKL yang harus kalian kuasai sehingga nilai 6-7 mungkin bisa kalian dapatkan.

B. SKL yang memiliki tingkat variasi soal yang kompleks.

(1) Gerak lurus, gerak melingkar beraturan atau gerak parabola

Materi gerak lurus yang sering keluar adalah mencari jarak dari gravik v-t (caranya dengan menghitung luas daerah).

Kemudian untuk gerak melingkar beraturan, biasanya berhubungan dengan rumus perepatan sentripetal, lalu mengubah kecepatan dari rpm ke rad/s.

Lalu untuk gerak parabola disini saya bisa katakan ruang lingkup pertanyaannya luas (karena rumusnya cukup banyak), jadi kalau kalian mengalami kesulitan bisa kalian kerjakan soal ini terakhir.

(2) Hukum Newton

Materi ini memiliki soal yang bervariasi.

(3) Persamaan umum gas ideal

Yaitu rumus pV = nRT atau pV = NkT

Yang menjadi kesulitan adalah pada saat soal dalam bentuk kata-kata. Sebisa mungkin kalian kuasai.

(4) Faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas

Rumusnya ada 2 yaitu E = 1,5 kT dan pV = (2Ek N) / (3V)

Biasanya ditanyakan cara kalian membaca rumus.

(5) Mikroskop/teropong

Rumus pembesaran mikroskop dan panjang mikroskop atau teropong.

(6) Gelombang berjalan

Materi ini memiliki beberapa variasi soal dan saya juga agak sulit untuk menjelaskannya, karena hal-hal yang sering ditanyakan persamaan simpangan gelombang, kecepatan gelombang, ataupun sifat gelombangnya.

Sifat gelombang berjalan:
Pada saat y = 0 (titik keseimbangan), EP = 0 dan Ek maksimum.
Pada saat y = A (titik berada pada simpangan maksimum), EP = maksimum dan Ek = 0.



(7) Efek Doppler

Materi ini saya tidak bisa katakan mudah atau sulit, karena tergantung tingkat pertanyaanya, tetapi sebenarnya variasi soal tidak banyak. Yang menjadi mudah adalah jika pada soal kata-katanya jelas seperti ini:

Sebuah ambulans mengeluarkan sirene 400 Hz bergerak dengan kecepatan 40 m/s mendekati orang yang diam di pinggir jalan. Tentukan frekuensi ambulans yang didengar orang tersebut! (v bunyi di udara = 340 m/s)

Perhatikan yang digaris bawahi Kata-katanya masih mudah, bandingkan dengan soal di bawah ini:

Dua buah ambulans A dan B bergerak saling mendekati dengan kecepatan 40 m/s dan 50 m/s. Frekuensi ambulans A 1200 Hz dan frekuensi ambulans B 900 Hz. Tentukan frekuensi pelayangan yang didengar sopir ambulans A! (v bunyi di udara = 340 m/s)

Perhatikan soal di atas, yang menjadi kesulitan adalah mana yang menjadi sumber bunyi dan pendengar?? Disinilah tingkat kesulitan soal efek Doppler yang kadang-kadang tiap tahun bervariasi pula kadang gampang kadang susah.

(8) Hukum Coulomb dan medan listrik

Materi ini juga mempunyai variasi soal yang luas dan tingkat kesulitan tiap tahunnya berbeda-beda.

(9) Resistor, induktor dan kapasitor

Materi ini pada dasarnya mudah, tetapi yang menjadi kesulitan adalah rumusnya saling berhubungan yaitu:

Kalian mencari XL = wL lalu mencari XC = 1/WC lalu impedansi Z = √(R² + (XL – XC)²) dan terakhir I = V/Z.

(10) Teori atom Planck

Materi ini memiliki tingkat variasi soal yang luas dan tingkat pertanyaan yang tiap tahunnya berbeda kadang sulit kadang mudah.

Tips di atas semuanya adalah tips memilih soal dari SKL yang sudah kalian dapatkan. Saya ingin tegaskan tips memilih soal di atas bukan harga mati yang harus kalian ikuti. Ini hanyalah saran dari saya yang mungkin bisa menjadi masukan buat kalian. Dan terakhir kalian sendirilah yang harus menentukan bagaimana cara belajar kalian. Karena belajar yang efektif adalah kalian menerima apa yang telah diajarkan guru kalian, kemudian kalian olahlah sendiri bagaimana kalian menterjemahkan apa yang telah kalian pelajari.

Saya mempunyai 1 tips lagi untuk menghitung khusus UN fisika, tetapi tips ini tidak berlaku di UN matematika atau kimia. Perhatikan dua contoh di bawah ini.

Sebuah celah ganda dengan jarak 2 mm disinari tegak lurus dengan seberkas cahaya monokromatik 250 nm. Jarak celah ke layar 8 meter. Tentukan jarak antara celah ke layar yang berdekatan!

A. 0,5 mm

B. 0,4 mm

C. 0,3 mm

D. 0,2 mm

E. 0,1 mm

Jawab:

Dik: d = 2 mm = 2 x 10–3 m

λ = 250 nm = 250 x 10–9 m

L = 8 m

Dit: ∆y ?
Sebenarnya karena ini soal PG, kalian bisa menghitung seperti ini saja:

∆y = L λ = 8 x 250 = 500

2d 2 x 2

Karena jawabannya 500 maka hanya pilihan A saja yang mengandung angka 5, jadi pilihlah langsung A.

Bandingkan dengan soal yang sama seperti di atas, tetapi mempunyai pilihan seperti di bawah ini:

Sebuah celah ganda dengan jarak 2 mm disinari tegak lurus dengan seberkas cahaya monokromatik 250 nm. Jarak celah ke layar 8 meter. Tentukan jarak antara celah ke layar yang berdekatan!

A. 0,5 mm

B. 5 mm

C. 5 cm

D. 2,5 cm

E. 50 cm

Karena di pilihan A, B, C dan E mengandung angka 5, jadi mau tidak mau kalian harus menghitung seperti ini:

∆y = L λ = 8 x 250 x 10–9 = 5 x 10–4 m = 0,5 mm

2d 2 x 2 x 10–3

Semoga berguna ^_^

No comments:

Post a Comment